Senin, 01 September 2014

Raih Untung Melalui Barang – Barang Lama

Sudah menjadi hal wajar ketika seseorang ingin berhemat. Salah satu hal yang dilakukan untuk berhemat adalah dengan menumpuk barang di gudang, bawah tempat tidur, almari atau atas almari. Barang-barang tersebut bisa bermacam-macam. Biasanya yang masih bisa dipakai ulang dan disimpan dengan harapan saat memerlukannya lagi, tidak perlu susah-susah membeli hanya perlu menggunakan barang lama.

Masalahnya adalah sebagian besar fakta yang terjadi barang-barang yang disimpan akhirnya tidak pernah terpakai kembali. Tidak jarang justru sering lupa barang apa saja yang telah disimpan karena saking banyaknya barang yang ditumpuk. Hal yang perlu diingat, dari sekian barang lama tersebut seringkali tidak bisa dipakai kembali karena sudah ketinggalan zaman atau justru rusak karena terlalu lama disimpan. Akhirnya Anda pun membeli barang baru yang akan kembali menambah tumpukan baru di gudang.Solusi untuk mengatasi persoalan tersebut tentu saja dengan meluangkan waktu misalnya saat akhir pekan untuk membersihan dan membereskan rumah. Agar lebih mudah untuk memilah barang-barang, aktifitas ini perlu melibatkan seluruh anggota rumah. Setiap barang yang disimpan tentu memiliki pemilik masing-masing sehingga sudah selayaknya jika semua anggota keluarga dilibatkan.

Memilah Barang-Barang Lama
Untuk menghindari kerumitan dalam proses pemilahan barang barang, Anda bisa membaginya dalam dua kategori yaitu kategori barang yang akan dipertahankan dan kategori barang yang akan disingkirkan. Pemilahan ini membutuhkan partisipasi seluruh anggota keluarga karena setiap orang biasanya memiliki keinginan yang berbeda. Nah, barang-barang yang akan disimpan perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum akhirnya dimanfaatkan kembali. Anda bisa mencari informasi melalui situs-situs terpercaya yang menyediakan berbagai tips membersihkan rumah beserta isinya berdasarkan bahan dan lokasi perkakas di dalam rumah.

Jangan Buru-Buru Membuang Barang

Jika memang sudah dipilah barang yang akan disingkirkan bukan berarti Anda langsung bisa membuangnya. Anda bisa melakukan alternatif lain sehingga barang-barang tersebut justru mendatangkan keuntungan. Keuntungan secara materi bisa diperoleh dengan menjual barang-barang bekas tersebut untuk umum. Misalnya mendatangi pasar loak untuk menjual barang-barang tersebut. Proses relatif cepat sehingga Anda bisa segera menerima uang hasil penjualan. Cara lainnya dengan menjualnya secara online dengan memanfaatkan situs penjualan barang bekas. Hanya saja meskipun mencakup area lebih luas cara ini membutuhkan kesabaran karena tidak semua barang bisa langsung terjual.

Barang-barang bekas tersebut selain dijual bisa juga diberikan pada orang lain misalnya saudara, teman, sahabat, tetangga dan lainnya. Siapa tahu diantara orang yang Anda kenal ternyata tengah membutuhkan barang tersebut. Anda bisa memberikannya secara cuma-cuma atau menjualnya dengan harga murah.

Alternatif lainnya dengan menyumbangkan secara langsung pada orang lain yang membutuhkan. Bisa juga menyumbangkan pada acara amal yang adakalanya membutuhkan barang bekas dan kemudian barang tersebut mereka jual dimana uang hasil penjualannya digunakan untuk tujuan amal.

Aktifitas membereskan rumah satu ini memang membutuhkan waktu dan tenaga ektra. Namun Anda bisa merasakan hasilnya. Gudang atau kolong tempat tidur akan terlihat lebih rapi, bersih, dan lega. Kolong tempat tidur pun tidak lagi menjadi sarang nyaman. Atas lemari akan terlihat rapi. Jika sudah rapi dan beres, selalu ingatkan diri Anda untuk tidak serta merta membeli sesuatu tanpa mempertimbangkan prioritas utama. Hal ini untuk mencegah kembali menumpuknya barang-barang di waktu mendatang.

Baca juga :

4 komentar:

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)