Kamis, 06 Desember 2018

Mengapa Sih Harus Nge-Blog?

alasan mengapa harus ngeblog
Mengapa sih harus nge-blog? Ya mengapa tidak? Ada teknologi yang memungkinkan untuk menerapkannya lalu ada kesempatan ya mengapa tidak mencobanya? Segala sesuatu yang dilakukan selalu memiliki sebab akibat yang terkadang tidak perlu mempertanyakannya. Seperti halnya ketika membantu orang lain, apakah kita akan mempertanyakan diri kita mengapa kita menolongnya? Tentu tidak. Apakah kita akan mengharapkan timbal balik atas apa yang telah kita lakukan? Tentu tidak. Begitu juga dengan nge-blog, mengapa harus mencari-cari alasan untuk memulainya? 

Perjalanan setiap orang memutuskan untuk menuliskan ide atau bercerita melalui media blog tentu berbeda-beda. Beberapa hal berikut ini mungkin bisa menjadi salah satu alasan mengapa memutuskan untuk nge-blog, yaitu :

  1. Bercerita. Adalah hal wajar ketika orang saling bertemu kemudian saling bertukar pikiran. Asal dari mana, apa makanan favorit, mengapa suka makanan tersebut, dan seterusnya. Obrolan sederhana yang terkadang bisa berlanjut membicarakan hal lainnya. Nah, media blog memungkinkan untuk mengembangkan ide cerita tersebut. Bisa menjadi cerita fiksi misalnya cerpen atau cerbung di blog tersebut. Bisa juga menjadi cerita nonfiksi dengan membuat tulisan perjalanan yang di dalamnya menceritakan sosok-sosok yang ditemui selama perjalanan.
  2. Promosi. Media blog juga bisa digunakan untuk promosi. Bisa digunakan untuk mempromosikan barang atau produk, komunitas atau organisasi bahkan diri sendiri. Digunakan untuk mempromosikan baranga atau produk tentu sudah sangat familiar. Tidak sedikit produk-produk yang dijual atau dipromosikan menggunakan media blog. Begitu pula dengan kegiatan komunitas atau organisasi tertentu. Keberadaan blog tidak jarang menambahkan kepercayaan orang terhadap kegiatan komunitas atau organisasi tersebut. Lalu bagaimana dengan diri sendiri? Mengapa tidak? adanya blog sering digunakan sebagai branding diri sendiri. Misalnya sebagai seorang penulis; blog bisa digunakan untuk memublikasikan tulisannya, bisa juga digunakan untuk mempromosikan buku yang sudah atau akan diterbitkan dan seterusnya. 
  3. Menjaga Kesehatan Jiwa. Stress yang menumpuk bisa mempengaruhi kesehatan jiwa seseorang. Salah satu hal yang dilakukan saat sedang banyak pikiran atau stress adalah bercerita kepada orang yang dipercaya; bisa saudara, teman atau sahabat. Biasanya setelah menceritakan masalah yang dihadapi akan membuat orang merasa lebih lega. Nah, menuliskannya pun juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi stress. Salah satunya melalui blog. Menurut Profesor Psikologi University of Texas, James W Pennebaker, Ph.D., orang-orang yang terbiasa mengekspresikan emosi atau unek-uneknya dengan menulis memiliki kondisi mental yang lebih stabil dibandingkan orang yang tidak terbiasa menulis. 
  4. Sebagai Media untuk Belajar Hal Baru. Saat memiliki blog, seseorang perlu untuk memperbarui konten dalam blog tersebut. Bisa dalam bentuk tulisan, foto atau gambar bahkan video. Artinya saat memutuskan untuk membuat blog maka akan tertantang untuk membuat tulisan menarik sehingga orang tertarik untuk membacanya. Mendorong kreatifitas untuk memperbaiki atau mempercantik konten blog. Apalagi belajar tidak mengenal usia, jenis kelamin maupun pekerjaan. Siapa saja bisa melakukannya.
  5. Sebagai Bank Ingatan. Setiap tulisan, foto atau video yang diunggah dalam blog merupakan saksi perjalanan pemilik blog. Semakin lama blog yang dimiliki biasanya semakin beragam tulisan yang dihasilkan. Saat membacanya kembali mungkin membawa ingatan kepada orang-orang yang mungkin sudah mendahului, bisa juga membawa ingatan pada kejadian memalukan yang pernah dialami, dan seterusnya. 

Mungkin saya sudahi saja ya alasan mengapa harus nge-blog, karena jika diteruskan bisa-bisa akan semakin panjang dan lama *eh ☺️☺️ Intinya adalah setiap orang memiliki alasan masing-masing saat nge-blog. Saya sendiri menggunakan blog untuk bercerita dan menjadikannya sebagai media untuk meningkatkan kreatifitas dalam menulis *eeaa. Jadi, kalau singgah di blog saya yang ini, gaya penulisan lebih mbleber kemana-mana semacam buku harian. Terkadang menulis review film, resensi buku, puisi, curhat hal konyol yang saya alami bahkan menuliskan bagaimana memasak menggunakan magic com hahaha ツ. 

Sedangkan di blog yang sedang dibaca ini, saya menuliskan tips kesehatan, review produk yang saya gunakan, tokoh tertentu, wisata dan hal-hal yang lebih terstruktur ♉hahaha. Mengapa hal ini saya lakukan? karena saya ingin mencoba berbagai macam gaya penulisan hahaha. Sampai kapan akan saya lakukan? entah hahaha. Oh iya, karena blog ini, saya diundang untuk menjadi kontributor beberapa blog atau website dan dibayar *penting hahaha (tetapi website tersebut sudah dijual, ganti nama, ganti pemilik dan saya pun berhenti berkontribusi di website tersebut hahaha

Jadi, awali nge-blog dengan rasa senang, lalu sayang dan akhirnya cinta. Perjalanan nge-blog yang panjang bisa membawa lebih banyak cerita. Hal-hal menyenangkan atau menyedihkan (misalnya tulisan ditulis ulang tanpa sumber) bisa dialami. Adakalanya bisa membuka jalan untuk memperoleh penghasilan (namun jangan dijadikan sebagai alasan utama agar tidak kecewa). Nge-blog ya untuk nge-blog, belajar ya untuk terus belajar sehingga apa yang diperoleh juga semakin melebar dan membesar *lho ツhahaha. Intinya apa yang kita lakukan dijadikan sebagai motivasi untuk terus belajar sedangkan hal lain yang diperoleh dari nge-blog (misalnya uang, semakin dikenal, dll) adalah bonus semata yang perlu disyukuri dan dibagi *eh hahaha. 

Oh, terakhir sebagai penutup, semoga keinginan saya membeli domain dan atau hosting ke depan bisa benar-benar terlaksana, karena dari dulu hanya sekedar wacana ngahahaha. 

13 komentar:

  1. Mantap, Kak Dian. Namun ada beberapa cerita kalau mau beli domain, kalau nggak konsisten bayar, tulisan bisa ilang. Sangat rugi jika tulisan di blig hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nha itu, salah satu yang bikin ragu-ragu hehehe

      Hapus
  2. Jadi, awali nge-blog dengan rasa senang, lalu sayang dan akhirnya cinta. Nice quote kakak 😊
    Semangat selalu untuk berbagi

    BalasHapus
  3. Awali dengan secangkir kopi, akhiri dengan semangkuk sup kuku :p wkwkwkw becanda Kak Dian :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. secangkir kopi dengan camilan kripik kuku dino hahahha

      Hapus
  4. Karena dari dulu sekedar wacana, bersyukur sekarang bisa menjadi nyata...keren-keren. Semangat selalu kakak dian 🙋

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap wacana, karena belum beli domain dan hosting juga hahaha

      Hapus
  5. Saya pernah di ejek oleh saudara sendiri karena ngeblog, kata dia ngeblog itu adalah kegiatan sia sia, saya hanya bisa ngelus dodo, padahal ngeblog banyak sekali manfaatnya salah satunya bisa untuk Bisnis Online Booming

    BalasHapus

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)