Sabtu, 03 Mei 2014

Alasan Memilih Produk dari Sharp Indonesia

Sharp Elektronics Indonesia telah dipercaya menjawab berbagai kebutuhan produk elektronik masyarakat Indonesia. Tidak ada yang meragukannya, apalagi sudah lebih dari 40 tahun mereka memberikan banyak produk elektronik yang berkualitas. Dari tahun ke tahun pertumbuhan pendudukan juga semakin bertambah. Hal itu juga diiriingi dengan meningkatnya kebutuhan produk elektronik. Untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan tetap mempertimbangkan kualitas produknya, Sharp kemudian mendirikan sebuah pabrik baru yang memiliki luas 31 hektar di Karawang International Industri City (KIC).

Apa yang membedakannya dengan pabrik produk elektronik lainnya?

Sebagai sebuah pabrik produk elektronik berkualitas tentu saja berbeda dengan pabrik lainnya. Pabrik tersebut dibagi menjadi dua bagian utama sesuai dengan produk yang dibuat yaitu pabrik mesin cuci yang berada pada area seluas 11.627.888 m2 dan pabrik lemari es yang berada pada area seluas 27.616.300 m2. Sebelum didirikan tentu saja telah dilakukan proses perencanaan yang matang. Sejak diletakkannya batu pertama pada 7 Juni 2012 oleh President Director PT Sharp Electronic Indonesia, Fumihiro Irie pabrik ini sejak awal direncanakan untuk membuat produk yang menyasar konsumen kalangan bawah hingga menengah di Indonesia. Dan juga diekspor ke negara – negara lain seperti dari Asia, Timur Tengah maupun Afrika

Mengapa dinamakan Sharp Takumi Factory?

Setiap nama baik nama orang maupun usaha atau perusahaan tentu memiliki filosofi atau maksud sendiri. Begitu pula dengan pabrik baru Sharp Indonesia yang bernama Sharp Takumi Factory. Untuk diketahui Takumi sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berari ‘ahli’. Ahli berarti orang yang telah diberikan latihan dan mahir untuk mengerjakan dan menyelesaikan sesuatu bahkan mendekati sempurna. Di Jepang sosok Takumi selalu menjadi panutan ketika melakukan berbagai pekerjaan. Selalu berupaya untuk memberikan karya terbaiknya. Tentu saja harapan Sharp Indonesia adalah mampu membuat produk elektronik terbaik dan berkualitas sesuai dengan keinginan para konsumennya.

Bagaimana dengan kualitas para SDM Sharp Takumi Factory?

Sharp Indonesia berupaya mempertemukan semangat ketekunan yang dimiliki masyarakat Indonesia dengan kemahiran Takumi Sharp berupa pelatihan SDM yang berkelanjutan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen mereka dalam pengembangan kualitas SDM. Dalam pelatihan tersebut dihadirkan para Takumi Sharp Corporation yang telah berpengalaman dalam melatih para karyawan tidak hanya di Indonesia tetapi juga negara-negara lain yang berada di lebih dari 26 negara. Calon-calon SDM lokal tersebut dihadirkan sebagai perpanjangan tangan para Takumi Sharp Corporation sehingga mampu menghasilkan produk elektronik sesuai standar kualitas tinggi yang ditentukan.

Produk apa saja yang diproduksi di Sharp Takumi Factory?

Ada banyak produk elektronik yang mampu dihasilkan Sharp. Sebelum membuat produk, mereka selalu mendengarkan kebutuhan masyarakat terlebih dahulu. Dimanapun mereka berada termasuk di Indonesia. Di Sharp Takkumi Factory ada dua produk unggulan yang tengah diproduksi yaitu mesin cuci dan lemari es atau kulkas. Sharp berupaya untuk memenuhi kebutuhan produk yang bersahabat dengan segmen bawah hingga menengah. Dan di pabrik tersebut digunakan untuk memproduksi Mesin Cuci Cuci Dolphinwave 2 tabung dan Lemari Es King Samurai 2 pintu.


Berapa kapasitas produksi mesin cuci Pabrik Sharp Karawang?

Setiap tahun kapasitas produksi mesin cuci di pabrik Sharp Karawang adalah 1.680.000. Jumlah tersebut lebih banyak sekitar 2,5 kali kapasitas produksi mesin cuci di pabrik Pulogadung. Untuk menentukan produksi terbaik mesin cuci yang dihasilkan, pada bagian ini terdapat divisi Quality Control yang akan memastikannya.

Bagaimana dengan proses produksi lemari es yang dilakukan?

Dibandingkan pada produksi mesin cuci, bisa dikatakan proses pembuatan lemari es  jauh lebih sulit. Benar-benar membutuhkan karyawan yang ahli, teliti dan cepat atau cekatan dalam bekerja. Bagian Quality Control akan langsung terintegarsi dengan proses produksi. Inilah yang membuat mereka mampu membuat produk dengan kualitas terbaik. Pabrik ini mampu membuat lemari es dengan kualitas tinggi dan lebih besar kapasitasnya karena didukung dengan teknologi canggih. Setiap tahun lemari es yang mampu diproduksi adalah 2.640.000 atau jumlah tersebut lebih banyak 2 kali kapasitas produksi lemari es di pabril Pulogadung. 


Bagaimana penentuan kualitas produk dilakukan?

Pabrik baru tersebut dilengkapi berbagai teknologi canggih yang mampu meningkatkan efisiensi, kapasitas produksi maupun standar kualitas produk. Beberapa teknologi tersebut diantaranya adalah Production Control System baru yang mampu membuat update setiap saat produksi pada setiap lini. Selain itu ada pula sistem Automated Guided Vehicle (AGV) yang mampu menghemat tenaga dan waktu sebagai alat transportasi dari gudang ke bagian produksi. Dan untuk memperoleh hasil produksi mencapai kualitas tinggi sesuai standar Takumi, keahlian karyawan serta kemampuan pabrik bekerja secara akurat dan cepat adalah modal utama dalam penentuan kualitas setiap produk yang dihasilkan baik mesin cuci maupun lemari es.

Apa saja fasilitas yang diberikan untuk para karyawannya?

Karena karyawan dianggap sebagai bagian paling penting dalam penentuan kualitas barang hasil produksi maka ada beragam fasilitas yang disediakan. Misalnya saja kantin, masjid, klinik kesehatan, koperasi, lapangan sepak bola dan showroom. Beberapa fasitas tersebut memungkinkan para karyawan tetap bisa bekerja dengan baik, beribadah, makan, memperoleh perawatan kesehatan yang baik bahkan bisa mengurangi kepenatan dengan bermain sepak bola.

Jadi tidak perlu meragukan setiap produksi lemari es dan mesin cuci keluaran Sharp Electronics Indonesia. Tidak ada alasan untuk tidak mempercayai kualitas produk-produk tersebut. Berbagai teknologi terbaik telah menjadi bagian dari produksi. Selain itu kualitas SDM juga mengambil peranan. Apalagi tidak hanya teknologi canggih saja yang disediakan oleh Sharp Takumi Factory tetapi juga berbagai fasilitas untuk kenyamanan para karyawannya.


*sumber artikel dan gambar : http://www.sharp-indonesia.com/karawangfactory

4 komentar:

  1. memang sharp mantap ya, saya juga ikutan ngeriview nih disini, salam kenal ya

    http://dyasnw.blogspot.com/2014/05/takumi-factory-rumah-baru-para-ahli.html

    BalasHapus
  2. Artikelnya bagus banget
    Untuk informasi tambahan seputar Sprei terbaru silahkan klik Sprei Katun Terbaru

    BalasHapus

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)