Kamis, 03 Oktober 2013

Hari #3 #30DaysSaveEarth : Bersepeda Lebih Jauh

Sebenarnya setiap hari aku sudah menerapkan menjaga lingkungan, kemana-mana untuk jarak dekat seringnya jalan kaki dan kalau jarak lebih jauh naik kendaraan umum. Secara gak punya motor :p. Belakangan juga naik sepeda setelah membeli sepeda bekas milik teman yang mau mudik :).

Setelah punya sepeda, kebiasaanku kini bertambah yaitu bersepeda untuk jarak yang lebih jauh. Seperti hari ini, ketika aku mengunjungi Gramedia Jogja di Jalan Sudirman, jika sebelumnya aku harus naik kendaraan umum setidaknya membutuhkan waktu satu jam, sekaligus menunggu bus kota tersebut datang, ternyata menggunakan sepeda justru jauh lebih cepat. Cukup setengah jam sudah sampai lokasi. Mengapa? Karena bisa lewat jalan-jalan alternatif dan mampu menerobos kemacetan mobil-mobil pribadi *keren kan mendahului mobil-mobil (berhenti) :)

Untuk naik bus kota di Jogja setidaknya membutuhkan uang Rp 3000,- untuk sekali naik. Kalau pulang pergi berarti Rp 6000,- Alhasil, sekarang dengan kebiasaan baru tersebut tidak hanya turut menjaga lingkungan namun juga menghemat pengeluaran serta sekaligus olahraga. Uang Rp 6000,- tersebut aku pakai membeli makanan ringan yang dijual simbah-simbah di pinggir jalan, sekalian sedekah kan? :)

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan. Tidak perlu dipaksakan, hanya perlu membiasakan. Karena hal besar dimulai dari hal ringan. Tinggal pilih apa yang bisa dilakukan. Yuuk, sayangi bumi tempat tinggal kita :)

tulisan ini masih dalam rangka event #30DaysSaveEarth yang di selenggarakan oleh @jungjawa dan @unidzalika


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)