Rabu, 02 Oktober 2013

Hari #2 #30DaysSaveEarth : Menolak Kantong Kresek



“Gak pakai kantong kresek kan mbak?” tanya mbak Kasir Indomaret sambil tersenyum.

“Hehehe, iyaa” jawab saya sambil mengangguk

Sore tadi, saya mampir ke Indomaret, Kusumanegara, Jogja membeli beberapa makanan ringan dan juga susu :). Seperti biasa saya selalu menolak penggunaan kantong kresek yang biasanya diberikan. Kantong kresek ini memang bagian dari pelayanan agar memudahkan pelanggan membawa barang belanjaan. Kantong kresek ini juga diberikan secara gratis.

Nah, saya selalu menolak pemberian kantong kresek ini kecuali sangat terpaksa. Misalnya belanjaan saya banyak sedangkan tas saya sudah tidak muat membawanya. Gara-gara kebiasaan ini, saya jadi “terkenal” di kalangan para kasir Indomaret ini :D

Hampir sebagian besar kasir di Indomaret ini hafal dengan kebiasaan saya. Itulah sebabnya, setiap saya belanja mereka tidak memberikan kantong kresek. Kecuali kasir-kasir yang masih baru, saya selalu mengingatkan terlebih dahulu :)

Pernahkan iseng-iseng memperhatikan setiap orang yang belanja di Indomaret? Terkadang mereka hanya membeli minum satu saja atau rokok :( atau permen dan lainnya. Nah, karena bagian dari pelayanan, apapun yang dibeli dan berapapun jumlahnya maka setiap pembeli tentu akan diberikan kantong kresek. Padahal tidak jarang para pembeli tersebut begitu keluar pintu Indomaret maka kantong kresek itu langsung dibuang ke tempat sampah. Padahal baru saja diberikan bukan?

Bisa dibayangkan, tempat sampah dipenuhi kantong kresek yang sebenarnya bisa ditolak saat masih di kasir. Selain itu bisa diantisipasi dengan membawa tas sendiri yang jelas lebih kuat dan lebih keren :)

Bagaimana? Beranikah menolak pemberian kantong kresek gratis saat belanja di Indomaret atau minimarket dan supermarket lainnya? Meskipun sederhana itu bagian dari menjaga lingkungan lho :) Bayangkan kalau setiap pembeli mau menolak pemberian kantong kresek, berapa banyak sampah kantong kresek yang bisa ditekan jumlahnya :)


Tulisan ini dalam rangka event #30DaysSaveEarth yang di selenggarakan oleh @jungjawa dan @unidzalika lebih lengkapnya event ini silakan cek di sini, yuuk, ikutan :)


4 komentar:

  1. Yap mari kita budayakan meminimalisir kantung kresek :D
    #30DaysSaveEarth

    BalasHapus
  2. Eh dari Jogja juga hihi, ini nih pelajaran IPA yang diberikan sama guru saya. Akhirnya tiap beli apapun nggak pake kantong kresek, langsung masuk tas :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)