Selasa, 01 Oktober 2013

Hari #1 #30DaysSaveEarth : Membiasakan Makan di Tempat



Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk peduli dengan lingkungan kita. Misalnya membuang sampah pada tempatnya, menghemat penggunaan air, dan lainnya. Sebagai anak kos, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan salah satunya yaitu membeli makan sekaligus makan di tempatnya a.k.a warung makan sehingga makanan tidak minta dibungkus. Ada dua alasan mengapa hal ini perlu dilakukan :

  1. Mengurangi banyaknya sampah. Mengapa? Kalau membeli makan dan minum harus dibungkus, berarti akan menggunakan kertas atau kardus  untuk membungkus nasi. Adakalanya ada pula yang menggunakan styrofoam. Kalau minum juga dibungkus, berarti bakal ada sampah plastik pembungkus dan sedotannya. Nah, sudah berapa banyak sampah yang dihasilkan dari membungkus makanan tersebut? Kecuali jika membawa wadah sendiri :)
  2. Cara ini sekaligus menghemat penggunaan air. Kalau makan dibungkus, nanti di rumah atau kamar kos, pasti menggunakan gelas untuk menampung isi minuman. Adakalanya menggunakan piring untuk alas makanan dan tentu saja sendok. Selesai makan berarti harus dicuci bukan? Nah, makan di lokasi tempat makan berarti sekalian dicuci oleh penjualnya bukan? :)

Kecuali kalau masak sendiri. Kalau masak sendiri setidaknya tidak memperbanyak jumlah sampah kertas dan plastik yang dihasilkan :)

Tetapi bukan berarti tidak boleh membungkus makan tetapi mungkin frekuensinya bisa diatur, agar sampah yang dihasilkan juga tidak terlalu banyak. Sehari kebiasaan kita adalah makan tiga kali sehari atau dua kali sehari. Bayangkan kalau setiap makan harus dibungkus? Berapa banyak sampah yang dihasilkan termasuk berapa banyak air yang digunakan? Hitung sendiri ya sampah yang dihasilkan?

Dan dalam seminggu ini saya sudah sukses untuk tidak membungkus makan artinya saya makan di warung makan, biasanya saya sering membungkus makan, setidaknya sehari sekali. Semoga konsisten ya :)

Tulisan ini dalam rangka event #30DaysSaveEarth yang di selenggarakan oleh @jungjawa dan @unidzalika lebih lengkapnya event ini silakan cek di sini, yuuk, ikutan :)






4 komentar:

  1. mencuci piring di penjual lebih baik dari pada kita mencuci piring dan menjual membuang bungkusan ke kita. Nice idea.
    Bagaimana kalo kita membungkus makanan dengan membawa tempat sendiri ? :D

    ide di blogmu bagus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe,
      itu yg sederhana dan mudah dilakukan :)

      Hapus
  2. Wah saya juga mulai melakukan hal ini. Terutama untuk minum di kantin kampus. Yuk lanjutkan. Semangat!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul!! dari hal kecil dulu aja tp terus dilakukan :)

      Hapus

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)