Kamis, 31 Oktober 2013

#30DaysSaveEarth : Menyebarkan Virus Menjaga Lingkungan


Menjaga lingkungan atau anjuran untuk mencintai sekaligus menjaga bumi kita sudah banyak dianjurkan dan dilakukan. Earth Hour juga merupakan salah satu kampanye menjaga lingkungan dengan mematikan lampu atau listrik yang tidak digunakan dalam waktu satu jam saja *kek lagu ya :). Suatu ide atau tindakan apapun itu seringkali menimbulkan pro dan kontra. Begitu juga earth hour yang dianggap suatu tindakan yang tidak sedikit meremehkannya. Adakalanya ada pikiran “menjaga lingkungan kok cuma earth hour saja, cuma satu jam”. Bayangkan kalau semua orang berfikir seperti itu? fiyuuuh *usap peluh jelas kampanye tersebut tidak akan berhasil.

Menurut saya, kampanye earth hour merupakan pengingat bahwa kita harus menjaga lingkungan. Pengingat? Benar. Manusia termasuk saya adalah sosok ciptaanNya yang diberi anugrah lupa dan lupa diri. Pengingat bisa dalam bentuk apa saja. Ucapan, tulisan, bahkan kecelakaan dan sakit. Pernahkah tiba-tiba kita diare? Biasanya kita ditanya abis makan apa? Beli dimana dan lainnya. selanjutnya kita ingat baru saja makan makanan pedas, jajan sembarangan dan lainnya.

Begitu pula dengan kegiatan earth hour yang juga merupakan pengingat untuk mencintai bumi. Termasuk juga dengan kegiatan #30DaysSaveEarth yang diprakarsai oleh @jungjawa dan @unidzalika. Kegiatan ini juga merupakan pengingat bagi para blogger dan pembaca artikel di dunia maya. Pengingat bahwasanya ada banyak hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan dan bumi kita. Ada banyak tindakan atau kelakuan buruk yang bisa diimbangi dengan kebiasaan sederhana agar bumi tidak semakin terluka. Keseimbangan diperlukan untuk menjaga bumi kita.

Bagi saya, 30 hari *namun saya hanya bisa menuliskan selama 8 hari saja huhuhuhu ini tetap sangat menginspirasi dan menyenangkan. Kita bisa berbagi pengalaman sekaligus membaca pengalaman orang lain bagaimana cara sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan. Karena sebenarnya jika kita mau, hal tersebut bukanlah hal yang susah.

Saat ini memang belum setiap orang melakukannya. Namun dengan terus ada pengingat dalam bentuk apapun termasuk event #30DaysSaveEarth ini setidaknya akan selalu bertambah orang yang aware terhadap permasalahan ini. Itu si harapan saya hehehe, sebagai pengingat tentu saja harus selalu rutin dilakukan, tidak harus setiap bulan tetapi bisa satu bulan saja setiap tahunnya, atau enam bulan sekali dan lainnya. Manusia selalu saja lupa sehingga harus selalu diingatkan, selalu dan selalu. Termasuk saya, yang juga harus selalu diingatkan termasuk saat membaca tulisan sendiri :)

Setidaknya event ini juga membuat pengunjung blog saya yang terbilang baru ini semakin bertambah #eh :) Selain itu event ini membuat saya sedikit lebih rajin untuk ngeblog, soalnya saya adalah blogger angin-anginan, hanya posting kalau kepengin hehehe, Saya bisa mengingat-ingat sekaligus melakukan cara sederhana untuk menjaga lingkungan. Sukses untuk #30DaysSaveEarth semoga selalu bisa dilakukan, semoga semakin banyak yang terinspirasi dan mempraktikkan. Virus menjaga lingkungan ini semoga semakin menjangkiti semua orang #eeaa :) 

Ini adalah tulisan bagian dari kampanye #30DaysSaveEarth yang diprakarsai oleh @jungjawa dan @unidzalika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)