Agar produk yang dimiliki bisa diterima pasar, banyak cara yang
dilakukan para pelaku bisnis. Salah satu hal mendasar yang perlu diperhatikan
adalah strategi marketing. Hal inilah yang ditekankan oleh seorang woman marketer, Veronica Ratna Ningrum.
Melalui situs Personal Branding Agency, Indscript
Creative dijelaskannya bahwa marketing
atau pemasaran adalah suatu proses untuk mendekatkan produk yang telah
dihasilkan pelaku bisnis kepada konsumen. Hal ini bertujuan agar produk
tersebut dapat dengan mudah diakses oleh konsumen. Atau bisa juga produk
tersebut agar bisa digunakan para konsumen untuk memenuhi kebutuhan secara
tepat. Tidak bisa dipungkiri bahwa bagian marketing memang merupakan bagian
yang sangat penting dan krusial dalam bisnis yang dijalankan. Hal ini
semata-mata karena menentukan keberhasilan dari bisnis tersebut.
Pada dasarnya untuk melesatkan bisnis melalui olah marketing bisa dilihat dari dua
sudut pandang. Pertama yaitu dari pihak produsen dan kedua dari pihak konsumen.
Melalui pihak produsen apabila produk yang dihasilkan adalah barang maka sudah
seharusnya untuk memperhatikan beberapa hal yaitu tempat, kualitas produk, harga
hingga pola promosi.
Sedangkan tempat haruslah dipilih yang memang stratetegis yaitu
yang dapat diakses lebih mudah sehingga konsumen pun akan lebih mudah
memperoleh produk ini. Lalu kualitas produk juga harus sesuai dengan apa yang
dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Begitu pula dengan harga yang harus
dapat dijangkau konsumen serta sesuai dengan manfaatnya. Atau setidaknya harga
yang ditentukan merupakan harga kompetitif dibandingkan dengan produk lain sejenis.
Apabila tidak bermain di harga kompetitif maka positioning produk harus benar-benar menyasar target pasar. Adanya faktor
promosi akan lebih mendekatkan produk yang telah dihasilkan ke konsumen
sehingga konsumen pun akan mengetahui dengan benar bagaimana, apa, manfaat dan
keunggulan produk tersebut.
Lalu bagaimana dengan sudut pandang konsumen? Hal yang harus
diperhatikan adalah usaha untuk memenuhi apa yang dibutuhkan dan diinginkan
oleh konsumen tersebut. Bisa jadi kenyamanan konsumen terhadap produk yang
dihasilkan karena hal ini lebih berkaitan pada rasa puas yang dirasakan oleh
konsumen setelah menggunakan produk tersebut. Dengan adanya rasa puas tersebut
maka akan timbul perasaan untuk kembali menggunakan produk ini.
Semua hal tersebut harus diramu dengan benar dan tepat oleh
pihak perusahaan terutama bidang marketing. Karena inilah yang nantinya bisa
menjadi salah satu kunci keberhasilan produk. Hal inilah yang dimaksud dengan
melesatkan bisnis melalui olah marketing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)