Rabu, 19 Desember 2012

Warisan Budaya Dunia

World Heritage Center United Nations Educational, Scientific and Culural Organization (UNESCO) menetapkan “The Cultural Landscape of Bali Province : The Subak System as a Manifestation of the Tri Hita Karana” sebagai Warisan Budaya Dunia pada Sidang Komite Warisan Dunia UNESCO 29 Juni 2012 lalu.
Hal ini tentu menambah daftar warisan dunia asal Indonesia. Setelah Candi Borobudur dan lingkungannya, Kompleks Candi Prambanan dan Candi Sewu, Situs Manusia Purba Sangiran serta Batik pada 2 Oktober 2009 silam. Bisa jadi belum semua orang mengetahui mengenai hal ini karena memang media massa di Indonesia lebih banyak dan lebih sering memberitakan mengenai berita politik. Betul tidak?? *eeaa :)

Pada dasarnya pengakuan tersebut memang diperlukan sebagai salah satu bentuk ‘promosi’ karena memang setelah ditetapkan menjadi warisan dunia akan lebih banyak orang yang kemudian tertarik untuk mengunjungi atau menggunakannya atau hanya sekedar ingin tahu. Karena saya yakin belum semua rakyat Indonesia mengunjungi tempat-tempat yang dinyatakan sebagai warisan dunia tersebut. Karena jujur saja, saya belum pernah mengunjungi Situs Manusia Purba Sangiran :) *modus*.
Tantangan sebenarnya adalah bagaimana menjadi dan menjamin kelestarian tempat-tempat yang sudah memperoleh pengakuan dunia tersebut. Misalnya adanya pengakuan Subak berarti harus terjamin kehidupan para petani dan lingkungan perkampungan serta jaminan terhadap kawasan lansekap Subak tersebut. Bayangkan jika tidak dijamin, kemudian para petani menjual sawah-sawah mereka. Emm pengakuan dunia atas Subak tentu berakhir, betul tidak? :)
Lalu Candi Borobudur dan lingkungannya, Kompleks Candi Prambanan dan Candi Sewu, Situs Manusia Purba Sangiran juga harus diperhatikan bagaimana kelestariannya, perawatannya, promosi agar tetap dikunjungi banyak orang baik dari dalam maupun luar negeri.
Sebenarnya Indonesia memailiki banyak potensi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi meskipun tidak masuk warisan dunia. Dari Sabang sampai Merauke ada banyak tempat indah yang sangat bisa dikunjungi dan memberikan devisa bagi Indonesia. Wisata, adalah potensi besar yang ada di Indonesia. Namun sebagian besar tempat wisata tersebut  sangat sulit untuk mencapainya karena transportasi yang sulit dan kurangnya promosi yang dilakukan daerah masing-masing. Akhirnya ada banyak tempat indah di Indonesia yang terkadang orang Indonesia sendiri tidak mengetahuinya.
Beruntung ada banyak traveller, backpacker dan blogger yang dengan senang hati berbagi mengenai daerah-daerah di Indonesia yang mereka kunjungi. Bahkan berbagi bagaimana cara untuk mengunjunginya. Sehingga membuat banyak orang pula tertarik untuk mengetahuinya.
Jadi seberapa penting adanya pengakuan dunia tersebut?? :)


*gambar diambil dari sini

3 komentar:

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)