Sabtu, 18 Februari 2017

5 Kebiasaan yang Membuat Kualitas Tulang Menurun

kesehatan tulang
image by benefit.co.id
Sebelumnya pada artikel Seberapa Besar Bentuk Perhatianmu Terhadap Tulangmu? telah sedikit disinggung bahwasanya seringkali kita mengabaikan beberapa kebiasaan kita yang sebenarnya kurang baik untuk tulang, khususnya jika dilakukan berulangkali dan berakibat kurang baik dalam jangka panjang.

Nah, kali ini akan dibahas apa saja sebenarnya 5 Kebiasan yang Membuat Kualitas Tulang Menurun dan kita seringkali mengabaikannya dengan berbagai alasan termasuk diantaranya karena alasan penampilan. Berikut ini beberapa kebiasaan tersebut :

1. Penggunaan Alas Kaki Berhak Tinggi. Menggunakan sepatu atau sandal berhak tinggi memang akan membuat tampilan seorang wanita tampak lebih anggun, tampil feminin dan elegan. Apalagi jika ditambah dengan perpaduan pakaian dan make up yang tepat, sudah pasti akan membuat mata terpana melihatnya. Namun kebiasaan ini dalam jangka panjang akan membuat kaki terasa pegal dan bisa menganggu tulang belakang kita.

2. Kebiasaan Menyilangkan Kaki Saat Duduk. Bagi seorang wanita, duduk menyilangkan kaki juga membuat mereka terlihat lebih anggun, adakalanya dilakukan juga untuk menghemat tempat duduk karena banyak orang yang akan duduk. Tidak hanya perempuan saja yang memiliki kebiasaan duduk dengan menyilangkan kaki, kebiasaan ini juga dilakukan oleh pria. Mengapa kebiasaan duduk menyilangkan kaki memberikan efek buruk bagi tulang? Karena kebiasaan tersebut telah memberikan tekanan yang berlebihan terhadap salah satu bagian tulang. Tidak jarang bisa mengakibatkan terganggunya pelvic, tulang belakang dan pinggul.

3. Penggunaan Tas di Salah Satu Sisi secara Berlebihan. Penggunaan tas wanita maupun pria di salah satu sisi saja bisa menimbulkan efek buruk bagi tulang khususnya pada bahu dan tulang belakang. Ini pentingnya memiliki tas lebih dari satu, ketika harus membawa beban berat bisa menggunakan tas punggung yang ditopang dua bahu, jika beban ringan atau nyaris tidak membawa beban maka bisa membawa tas di salah satu sisi saja.

4. Melakukan Pengaturan Pola Makan atau Diet yang Terlalu Ekstrim. Memiliki tubuh ideal memang dambaan setiap orang. Namun memiliki tubuh yang sehat sebaiknya lebih diutamakan. Seimbang asupan gizi dan mineral termasuk kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang.

5. Terlalu Lama Berkutat di Depan Layar Komputer. Jika memiliki pekerjaan sebagai penulis, desain grafis, editor, atau gamer akan membuat lebih sering duduk di depan komputer. Selain berdampak pada kesehatan mata juga akan berdampak pada kesehatan otot, sendi maupun tulang ketika nonstop tanpa istirahat di depan komputer.

Bagaimana? Manakah diantara 5 Kebiasaan yang Membuat Kualitas Tulang Menurun yang kamu lakukan? Mungkin sudah saat mengatur ulang kebiasaan kita untuk kualitas kesehatan tulang kita yang lebih baik. 


Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)