Kamis, 02 Juni 2016

Tips Terhindar Alergi Usai Makan Seafood


Seafood atau makanan laut memang memiliki rasa yang lezat. Namun sayangnya tidak semua orang bisa menikmatinya karena memiliki alergi. Biasanya orang yang memiliki alergi seafood, mereka akan langsung menghindarinya. Nah, bagi yang tidak pernah mengalami alergi setelah melahap makanan laut tentu tidak akan berfikir panjang untuk segera menikmatinya.
Namun terkadang orang yang tidak pernah mengalami alergi setelah makan seafood tiba-tiba tubuh menunjukkan gejala-gejala alergi seperti bengkak, gatal, kulit memerah dan sebagainya. Mengapa hal demikian bisa terjadi? Mengutip dari KompasTravel, berdasarkan informasi dari Sakirun Achmad, koki berpengalaman yang menangani seafood, berikut ini penyebab dan upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar terhindar dari alergi seafood secara mendadak, yaitu : 
  • Mengetahui Kondisi Badan Terlebih dahulu. Sebelum mengonsumsi seafood, ada baiknnya mengetahui kondisi badan. Apakah sedang kelelahan, daya tahan menurun dan sebagainya. Dalam kondisi yang seperti ini, reaksi alergi akan cepat sekali. Jadi sebaiknya kenali terlebih dahulu bagaimana kondisi badan sebelum benar-benar menikmati makanan laut.
  • Memastikan Kebersihan Bahan Makanan. Ada baiknya mengetahui pula riwayat dimana lokasi menikmati hidangan laut tersebut. Makanan laut yang aman tentu saja yang terjamin kesegaran bahan makanannya. Selain itu cara penyimpanan dan pengolahannya juga terjamin. Sumber perolehan seafood juga terjamin, jauh dari limbah, dan sebagainya.
  • Bahan Fresh, karena Makanan Laut Tidak Tahan Lama. Mengapa makanan laut selalu dicari dari bahan yang masih segar? karena makanan laut memang tidak bisa bertahan lama. Jika terlalu lama penyimpanannya maka akan berpengaruh terhadap kualitas rasa. Jadi perlu kiranya memastikan ikan laut atau makanan laut tersebut memang masih segar.
  •  Mengonsumsi Salad Sebelum Menikmati Seafood. Untuk mengurangi risiko terkena alergi makanan laut yaitu dengan mengonsumsi salad sebelumnya. Seperti lettuce atau salad hijau akan membantu mencegah risiko alergi seefood secara mendadak.
Semoga informasi tersebut menambah pengetahuan dan membuat kita lebih nyaman saat menikmati makanan laut favorit kita. Tetapi bagi Anda yang memang sebelumnya alergi terhadap makanan laut sebaiknya menghindarinya atau mengonsumsi obat antialergi tetapi tetap sesuai petunjuk dokter atau ahli medis terkait.


*sumber gambar : bali-indonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)