Selasa, 10 Februari 2015

3 Tips Sukses Berjualan

tips sukses menjalankan usaha
3 Tips Sukses Berjualan akan membantu lancarnya seseorang menjalankan sebuah usaha yang dikembangkan. Usaha yang berkaitan dengan jualan barang atau produk maupun jualan jasa. Produk barang ataupun produk jasa tetap saja harus terjual agar bisa memeperoleh keuntungan dan bisnis yang dijalankan pun bisa memberikan pemasukan dan sukses di masa mendatang.

Dahulu, mungkin dalam menjalankan sebuah usaha seseorang cenderung tidak terlalu mengeluarkan banyak upaya terbaik untuk memasarkan produknya. Hal ini tidak lain karena minimnya pesaing. Sehingga meskipun penjualnya bertampang jutek sekalipun barang dagangannya tetap laku karena pembeli memang membutuhkannya. Berbeda dengan saat ini, pembeli begitu cerdas. Pepatah yang mengatakan pembeli adalah raja memang benar adanya. Pembeli sangat selektif sebelum membeli barang atau jasa yang diinginkan.

Bukan hanya sekedar barang atau jasa saja yang diperhatikan namun juga pelayanan yang diberikan. Apalagi berkembangnya sistem pemasaran Word of Mouth (WOM) atau dari mulut ke mulut begitu efektif. Didukung berkembangnya teknologi informasi saat ini. WoM bisa menjelma sebagai virus pemasaran yang sangat efektif. Tidak hanya melalui perbincangan secara langsung tetapi juga tak langsung melalui media sosial seperti path, facebook, twitter, instagram dan sebagainya.

Pada akhirnya agar sukses dalam WoM dalam dunia nyata maupun maya tentu tidak ada salahnya mempertimbangkan 3 Tips Sukses Berjualan yang mengutip dari Andi Widjaja dalam bukunya 111 Ide Penjualan Dosis Tinggi yang Terbukti Sukses, yaitu :

1. Menjaga Mutu Produk. Produk yang berkualitas jelas akan diminati oleh pembelinya. Makanan yang enak, alat elektronik maupun gadget yang awet, makanan yang tidak menggunakan bahan berbahaya dan sebagainya. Hal tersebut sering menjadi pertimbangan pembeli dalam menentukan pilihan.

2. Menjaga Kualitas Pelayanan. Kualitas pelayanan dengan memberikan layanan yang ramah, jelas dalam memberikan informasi, produk yang diberikan sesuai yang ditawarkan dan sebagainya.

3. Menjaga Kepuasan Pelanggan. Berani melakukan berbagai inovasi dan pengembangan demi menjaga kepuasan para pelanggannya. Memberikan diskon tertentu, bonus tertentu, dan sebagainya. Sehingga pelanggan pun tetap loyal dan tidak pindah ke penjual atau perusahaan lainnya.

Jika sedang menjalankan atau mengembangkan bisnis tidak ada salahnya untuk selalu menambah informasi mengenai bisnis yang bisa diperoleh melalui buku, artikel internet dan tentu saja orang-orang yang telah sukses dalam menjalankan bisnis. Karena informasi mengenai 3 Tips Sukses Berjualan juga hanyalah setitik informasi yang bisa dijadikan sebagai referensi tambahan.

Referensi : Widjaja, Andi. 2011. 111 Ide Penjualan Dosis Tinggi yang Terbukti Sukses. Yogyakarta, Araska
Image : benabadi.com

2 komentar:

  1. Jadi intinya mengutamakan kualitas kita dan produk kita ya. Sederhana tapi luar biasa, terima kasih Tipsnya!

    Komen balik di sini ya >> http://fifisurabaya.blogspot.com/2014/12/3-cara-mengembalikan-kesuburan-rambut.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama,
      terimaksih kunjungannya, ditunggu kunjungan berikutnya :)

      Hapus

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)