Rabu, 17 Juli 2013

Cerita Internet Sepuluh Tahun Lalu


Internet saat ini telah mengalami perkembangan pesat dibandingkan sedasawarsa atau sepuluh tahun yang lalu. Dahulu orang yang bisa menggunakan internet tentu dianggap orang yang mampu baik finansial maupun pendidikan. Namun saat ini hampir semua orang tidak awam lagi dengan dunia maya ini.

Perkembangan internet juga tidak berhenti di situ saja. Jika pada sepuluh tahun lalu atau sekitar tahun 2002 bedasarkan informasi dari Majalah Tempo edisi 4 – 10 Februari 2013 diketahui bahwasanya pengakses internet di seluruh dunia hanyalah sekitar 9,1 persen atau sekitar 9,1 juta populasi dunia. Namun pada tahun 2012 pengakses internet di seluruh dunia meningkat menjadi sekitar 2, 27 miliar atau 33 persen dari populasi dunia.

Sementara pengakses ini Indonesia juga mengalami peningkatan yang fantastis. Jika pada 2002 internet hanya diakses sekitar 4, 5 juta atau sekitar 4, 24 persen penduduk maka pada 2012 internet digunakan sekitar 55 juta pengguna atau 22, 1 persen penduduk.

Perkembangan internet juga tidak hanya berhenti pada meningkatnya jumlah pengguna namun juga terjadi pada lama akses internet maupun kecepatan internet itu sendiri. Pada 2002 lama akses internet rata-rata setiap orang melakukan akses 46 menit per hari sedangkan pada 2012 lama akses bisa mencapai 4 jam setiap harinya.


Lalu bagaimana dengan kecepatan aksesnya? Pada 2002 untuk membuka halaman sebuah situs website dibutuhkan waktu sekitar 16 detik sedangkan 2012 hanya sekitar 6 detik saja. Begitu pula saat harus melakukan download atau unduhan sebuah lagu dengan menggunakan modem 56 k pada 2002 membutuhkan waktu sekitar 12, 5 menit sedangkan 2012 hanya 18 detik saja. Tetapi di Indonesia menurut saya sangat dipengaruhi oleh masing-masing operator atau jaringan internet itu sendiri :)

Perkembangan cukup mendolok juga terjadi pada banyaknya situs website yang ada. Jika pada 2002 terdapat sekitar 3 juta situs website maka pada 2012 meningkat menjadi sekitar 555 juta situs website.

Bagaimana dengan media sosial atau jejaring sosial? Tahun 2002 jelas Friendster yang memegang kendali. Sejak pertama kali diluncurkan mereka memperoleh 3 juta pengguna. Bagaimana dengan 2012? Friendster pun digusur oleh jejaring sosial baru yaitu Facebook yang menjadi jaringan media terbesar dengan sekitar 900 juta pengguna disusul pengguna Twitter sekitar 500 juta pengguna dan LinkedIn yang memiliki jumlah pengguna sekitar 135 juta.

Web browser yang digunakan pun mengalami perubahan. Jika pada 2002 web browser yang digunakan rata-rata adalah Internet Explorer yang 95 persen pengakses internet menggunakannya dan hanya 5 persen yang menggunakan browser lainnya. Namun pada 2012 rata-rata web browser yang digunakan adalah Google Chrome yaitu sekitar 43, 6 persen disusul Firefox sebanyak 32, 7 persen dan baru kemudian Internet Explorer sebanyak 16 persen lalu Safari sebanyak 4 persen dan Opera sebanyak 2 persen saja.

Apa penyebab meningkatnya penggunaan internet saat ini? selain berkaitan dengan perkembangan internet itu sendiri baik kecepatan akses maupun berbagai peningkatan layanan website. Hal ini juga dipengaruhi semakin mudahnya orang mengakses internet. Jika sebelumnya internet hanya bisa diakses melalui perangkat komputer atau PC kemudian laptop yang tidak bisa sewaktu-waktu digunakan. Maka saat ini setiap orang bisa mengakses internet setiap saat melalui perangkat handphone masing-masing.

Telepon seluler yang bisa digunakan untuk mengakses internet bisa diperoleh dengan harga yang semakin terjangkau. Belum lagi layanan operator yang mendukung dengan memberikan biaya akses yang semakin murah. Saat ini ada sebanyak 1, 7 persen orang di seluruh dunia mengkases internet melalui perangkat bergerak. Dimana sebanyak 0, 81 persen menggunakan Safari, 0, 66 persen menggunakan Android dan 0, 22 persen menggunakan lainnya. Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini internet telah menjadi bagian dari gaya hidup manusia di seluruh dunia.

Sumber artikel : Majalah Tempo edisi 4 – 10 Februari 2013 dengan berbagai pengembangan
sumber gambar : techiemode.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)