Sabtu, 06 April 2013

Tiga Panduan Mengemas Ide dan Kreativitas Marketing



Jika Anda tengah mengembangkan sebuah usaha atau produk dan ingin memasarkan produk dengan lebih baik maka ada baiknya membaca sebuah artikel yang saya peroleh dari situs Personal Branding AgencyIndscript Creative berikut ini. Dimana dalam artikel tersebut disebutkan bahwasanya untuk menarik perhatian konsumen maka kita pun perlu mengemas cara marketing produk seperti halnya saat mengemas sebuah hadiah atau sajian. Karena penampilan merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh terhadap nilai jual.

Sebuah produk yang bagus tetap membutuhkan strategi marketing yang tepat. Tanpa strategi marketing yang tepat maka produk tersebut tidak akan menghasilkan keuntungan yang maksimal bagi perusahaan. Namun tidak sedikit pula produk yang sebenarnya biasa saja, hanya karena dikemas dengan baik justru produk tersebut membuat pelanggan jatuh cinta, akhirnya perusahaan pun yang memperoleh untungnya.

Permasalahan yang terjadi pada dunia bisnis salah satunya tidak sedikit para pebisnis pada saat membuka bisnis, ia justru tidak tahu bisnis yang tengah digeluti. Akibatnya tidak jarang bisnis tersebut gagal dan tidak mampu eksis atau berkembang dengan baik.

Lalu bagaimana bisnis yang dikatakan berhasil tersebut? Bisnis yang berhasil ketika produk yang dihasilkan memiliki ‘sesuatu’ dibandingkan produk lainnya. Selain itu produk tersebut juga mampu memenuhi kebutuhan dari customer. Itulah sebabnya, dalam dunia bisnis kita sering melihat bahwasanya orang yang berhasil di dunia bisnis merupakan sosok pebisnis yang dapat mencetuskan ide dimana produk yang dihasilkan mampu menjadi pioneer dibandingkan bisnis yang dibuka hanya sekedar ikut-ikutan.

Nah, bagaimana dengan eksisting bisnis yang dimulai dari keunggulan produk yang dimiliki? Maka di sinilah peran strategi marketing harus dijalankan. Misalnya saja bagaimana menggarap customer hingga meyakinkan customer untuk membeli. Di sinilah ide dan kreativitas sangat diperlukan. Sebagai seorang marketer tentu harus jeli untuk menemukan ide menarik yang bisa dijadikan landasan dalam memasarkan produk kliennya. Ide yang ada pun nantinya bisa tampil menarik hanya dengan sedikit sentuhan kreativitas.

Jika ingin memasarkan produk Anda maupun klien Anda, tiga panduan sederhana berikut bisa membantu Anda untuk mengemas ide dan kreativitas, antara lain :

  1. Ada baiknya untuk mengetahui dengan tepat apa yang dibutuhkan konsumen. Informasi ini diperlukan untuk menentukan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Bagaimana cara untuk memperoleh informasi ini? bisa dengan melalui riset pasar sendiri, bisa juga melalui lembaga khusus riset bisnis. Nantinya ketika informasi tersebut dirasa sudah cukup selanjutnya hasil riset tersebut dianalisa dan digunakan untuk menentukan strategi marketing yang akan dijalankan.
  2. Mengemas produk secara spesial. Dimana produk dikemas dengan cara berbeda dan lebih istimewa dibandingkan dengan produk lainnya. Berdasarkan observasi produk serupa di pasaran, nantinya akan ditemukan berbagai celah yang bisa dikembangkan. Sehingga mampu menghasilkan sebuah produk istimewa, tampil berbeda dari lainnya selain itu kemasan berbeda tersebut juga akan memberikan nilai tambah bagi produk tersebut.
  3. Menjaga kualitas produk. Bagian ini harus menjadi perhatian utama dari sebuah produk. Loyalitas konsumen yang sudah terbangun harus terus dijaga dan jangan sampai hilang hanya karena disebabkan menurunnya kualitas produk yang bersangkutan. Itulah sebabnya untuk menjaga kualitas produk maka perusahaan bisa melakukan berbagai inovasi dan menambah nilai manfaat dari produk tersebut.
Itulah tiga panduan dalam mengemas ide dan kreativitas untuk marketing. Anda harus terus mencoba dan bersemangat dalam memasarkan produk-produk Anda. Anda tidak perlu ragu maupun bingung bagaimana cara mengembangkannya. Mengutip pesan Veronica Ratna Ningrum yang mengatakan “Tentukan ide produknya, bersamaan dengan itu akan ada cara untuk mengemasnya dalam sebuah strategi marketing.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)