Sabtu, 06 April 2013

Mengenal Razi Thalib dan Dunia Digitalnya



Bidang Media Digital memiliki prospek sangat bagus di Indonesia. Inilah yang kemudian mendorong Razi Thalib, pemilik sekaligus pendiri sebuah agensi media digital di Jakarta, Bridges and Balloons ingin berbagi lebih banyak lagi mengenai pentingnya pemahaman media digital. Melalui pernyataannya di sebuah situs Personal Branding Agency, Indscript Creative disebutkan bahwasanya pemahaman media digital tersebut menurutnya diperlukan untuk membangun sebuah bisnis dalam jangka panjang. Dan untuk mendukung para pebisnis pemula, agensi miliknya tersebut pun memberikan sarana pendukung. Ditambah dengan sokongan sumber daya yang handal sehingga Bridges and Balloons bisa membantu para pemilik bisnis untuk bisa mengembangkan bisnisnya secara positif melalui penggunaan teknologi digital.

Konsultan dan pengusaha muda tersebut sebenarnya baru tiga tahun tinggal di Indonesia. Sebelumnya Razi justru malang melintang selama tujuh tahun sukses berkarir di industri media digital di Australia. Bidang media digital yang ditekuninya khususnya dalam bidang Manajemen Produk, Strategi, dan Pemasaran. Kecintaanya dalam bidang Digital Engagement tersebut kemudian mendorongnya membuat sebuah keputusan besar dalam hidupnya yaitu kembali ke Indonesia. Karena ia merasa bahwa tempat dimana ia dilahirkan tersebut memiliki peluang besar untuk mengembangkan bidang media digital tersebut.

Dalam penuturannya, pilihannya untuk menjadi entrepreneur diawali dengan keinginannya untuk intens dan fokus pada dunia digital. Awalnya hanya dalam waktu setahun ia sukses membangun sistem media digital bagi Zalora Indonesia dan mampu meningkatkan pertumbuhannya hingga 40 %. Setelah itu Razi kemudian semakin tertarik untuk mengembangkan peluang-peluang yang menarik perhatiannya. “Saya ingin mengerjakan proyek-proyek yang saya senangi, dan mengembangkan sistem digitalnya agar bisa berkembang terus dalam jangka panjang,”urainya.

Ia tidak main-main dalam menjalaninya. Sejumlah proyek pun sukses ia tangani. Sebut saja misalnya proyek pembuatan media digital bagi “Gerakan Indonesia Mengajar”. Sebuah program pendidikan untuk para siswa di daerah terpencil. Sebuah program yang diadaptasi dari program serupa yaitu Teach for America. Dimana akhirnya program tersebut pun sukses dalam pengembangan misinya salah satunya berkat dukungan dari formulasi digital yang diciptakan Razi.

Disinggung mengenai kiat dalam mengembangkan sebuah bisnis melalui dukungan perangkat sistem digital, dalam penuturannya yaitu dengan menggunakan konten yang rinci namun sekaligus mudah dicerna dan menyenangkan. Menurut Razi, konten yang disukai pelanggan adalah konten yang mampu menyajikan hal serius menjadi hal ringan dan menarik tanpa harus kehilangan esensinya. “Kalau kontennya fun, para pelanggan dengan senang hati akan share, twit, klik “Like”, join, komen, dan sebagainya. Termasuk tentu saja membeli produk dengan wajah penuh senyuman,”tegas Razi Thalib.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)