Sabtu, 19 Januari 2013

Peranan nutrisi dan stimulasi untuk mendukung kecerdasan anak



Memiliki anak yang cerdas dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang tua. Itulah yang mendorong para orang tua berusaha memberikan nutrisi terbaik bagi perkembangan anak mereka. Hanya saja belum setiap orang mengetahui bahwasanya pada 1365 hari pertama kehidupan anak merupakan saat-sat paling penting atau critical period yang sangat berpengaruh bahkan menentukan bagaimana tumbuh kembang anak. Saat-saat itulah para orang tua harus lebih memberikan perhatian terhadap anak-anak mereka.

Untuk diketahui saat anak berusia 3 tahun maka otak anak akan tumbuh dan berkembang secara mengejutkan. Dimana ada jutaan sel, komeksi atau sinaps yang diproduksi diantara sel-sel tersebut. Agar daya tangkap dan tumbuh kembang anak jauh lebih optimal maka diperlukan pemberian asupan gizi yang baik. Tidak hanya itu saja namun juga didukung dengan pemberian stimulasi yang optimal dan mengurangi berbagai faktor lingkungan yang bisa jadi menganggu optimalnya tumbuh kembang anak.

Nah, sudahkah memberikan nutrisi yang cukup bagi anak Anda? Berapa banyak sayuran, buah, daging, ikan yang diberikan kemudian mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan untuk anak Anda? Anda juga harus ingat bahwa otak juga memerlukan nutrisi khusus untuk memperoleh tumbuh kembang yang optimal. Anda tidak perlu bingung bagaimana cara menambah nutrisi untuk otak anak Anda. Nutrisi yang akan mengoptimalkan perkembangan otak anak sehingga akan membantu mempengaruhi kecerdasan anak nantinya.

Pentingnya Nutrisi pada Otak
Pakar Nutrisi, Emilia Achmadi menyebutkan bahwa otak merupakan salah satu organ utama tubuh yang membutuhkan dan menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Itulah sebabnya pemberian asupan nutrisi tepat kepada anak-anak sangat diperlukan untuk membantu perkembangan fungsi otak mereka lebih maksimal. Dibutuhkan jumlah asupan nutrisi yang sesuasu dengan tumbuh kembang dan usia anak agar asupan nutrisi tercukupi dengan baik. Selain itu juga untuk mendukung perkembangan motorik, berbicara, emosional, logika, sosial dan bahasa anak tersebut.

Sebagai nutrisi untuk perkembangan otak anak, Anda bisa mempercayakannya kepada Mead Johnson. Mengapa Mead Johnson? Karena mereka telah melakukan lebih dari 30 studi ilmiah mengenai tumbuh kembang anak termasuk diantaranya perkembangan otak anak. Menurut External & Medical Affairs Director Mead Johnson, Cecep Fathoni sudah menjadi misi Mead Johson untuk menjadi partner para ibu dalam menyediakan nutrisi awal yang baik sebagai pendukung tumbuh kembang anak. Dimana secara konsisten melakukan berbagai penelitian yang berkaitan dengan nutrisi anak dan tahap perkembangan serta pertumbuhan otak.

Salah satunya setudi mengenai adanya peranan DHA dalam perkembangan otak anak. Dalam studi klinis tersebut membuktikan bahwa pemberian nutrisi dengan kadar DHA 17 mg/kkal dan ARA 34mg/100kkal pada bayi dan anak dapat meningkatkan kemampuan problem sloving (memecahkan masalah), kemampuan verbal dan meningkatkan mental development index sebanyak tujuh poin pada tiga tahun pertama anak.

Nutrisi dan Stimulasi saling berkaitan
Sebagai bentuk komitmennya Mead Johson kemudian hadir dengan produk berkualitasnya yang akan membantu tumbuh kembang otak anak Anda salah satunya yaitu Enfagrow A+. Produk ini tidak hanya sekedar memperkenalkan mengenai produk yang memberikan nutrisi otak semata. Namun juga memiliki memiliki sebuah program yang bernama Enfa Smart System. Dimana di dalamnya terdapat Smart Nutrition mengenai pemberian nutrisi yang tepat. Hal ini didukung dengan Smart Stimulation atau pemberian stimulasi yang tepat serta Smart Nurturing atau sebuah program yang membahas mengenai kasih sayang dan peran aktif ibu. “Enfa Smart System memberikan panduan praktis bagi ibu untuk menstimulasi potensi belajar si kecil dan mendukung hebatnya si anak.” jelas Cecep Fathoni seperti dikutip dari Situs Mead Johnson.

Dalam kesempatan tersebut Cecep juga menjelaskan bahwa meskipun Enfagrow A+ memiliki nutrisi yang tepat bagi tumbuh kembang anak namun awal kehidupan yang baik bagi si kecil tetap membutuhkan peran penting Air Susu Ibu (ASI). Mead Johnson merupakan partner ibu untuk mendukung tumbuh kembang anak. Namun berkaitan dengan pemberian nutrisi untuk bayi yang tepat sejak kelahirannya, Mead Johnson percaya sepenuhnya sumber gizi terbaik adalah ASI. Itulah sebabnya para ibu di Indonesia dianjurkan memberikan ASI kepada bayi mereka secara eksklusif. Memberikan ASI juga bisa dikatakan sebagai bagian dari upaya mendekatkan para ibu dengan anak mereka.

2 komentar:

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)