Rabu, 05 Desember 2012

Manfaat Mandi


Mandi merupakan sebuah aktifitas yang setiap hari dilakukan, waktu pagi dan sore hari. Sebagai sebuah aktifitas yang rutin dilakukan membuat mandi hanya dianggap sebagai aktifitas biasa saja dan tidak istimewa. Ada kalanya seseorang juga tidak mandi karena sakit namun tidak sedikit yang tidak mandi hanya karena malas.
Padahal mandi memiliki fungsi untuk mengobati atau terapeutik serta menjadi sebuah aktifitas yang menenangkan dan menyenangkan. Menenangkan, coba saja ketika hati sedang galau atau kesal terhadap seseorang, atau kesal karena adanya masalah yang belum terselesaikan, lalu sebaiknya coba saja mandi maka kemarahan akan mereda dan kepala pun bisa berfikir lebih jernih.

Mengobati, karena mandi pada dasarnya sebuah aktifitas yang dilakukan untuk membersihkan tubuh dari kuman, bakteri dan kotoran yang menempel pada tubuh kita. Usai melakukan berbagai aktifitas tubuh kita akan berkeringat. Nah, keringat adalah tempat yang paling disukai bakteri dan kuman. Padahal bakteri dan kuman bisa menjadi biang berbagai penyakit. Itulah sebabnya kita selalu dianjurkan untuk mandi.
Pada saat mandi, maka seseorang tidak hanya sekedar menggunakan air saja namun perlu sabun mandi untuk membantu melunturkan kotoran. Apalagi minyak, tentu akan sulit hilang jika hanya disiram dengan air. Maka sabun mandi diperlukan untuk membantu kita membersihkan segala bentuk kotoran yang menempel termasuk minyak dan lemak.
Bagaimana mandi yang benar? Tentu saja membersihkan kulit badan kita, kulit kepala dan rambut, telinga, serta gigi dan mulut.  Menyiram dari ujung rambut hingga kuku kemudian disabun. Jika rambut anda berketombe maka bisa menggunakan shampo anti ketombe. Jika kulit anda kering maka untuk mandi bisa menggunakan sabun mandi yang berpelembab. Anda yang paling mengerti jenis sabun dan shampo seperti apa yang paling tepat untuk anda.
Kemudian anda juga perlu memperhatikan kebersihan gigi dan mulut. Karena jika tidak dibersihkan secara rutin maka gigi dan mulut bisa menjadi sarang kuman yang akan membuat mulut kita bau. Saat menyikat gigi usahakan menyikat dengan benar yaitu searah dari gusi ke ujung gigi. Selain itu gunakan sikat gigi yang lembut sehingga tidak melukai gusi. Dan jangan lupa untuk menggunakan pasta gigi agar gigi lebih bersih.
Mandi memang menyenangkan, namun ketika badan masih berkeringat sebaiknya jangan langsung mandi. Biarkan keringat mengering terlebih dahulu. Mengapa? Karena jika anda langsung menyiram tubuh anda yang masih berkeringat maka bisa jadi tubuh anda justru menjadi demam atau merasa lemas dan tidak segar. Tubuh yang masih berkeringat itu tanda bahwa suhu tubuh masih tinggi sehingga jika langsung disiram apalagi dengan air dingin maka tubuh akan kaget. Lalu bagi anda yang pulang larut malam karena bekerja atau banyak aktifitas maka sebaiknya jika mandi menggunakan air hangat agar tidur lebih nyenyak dan istirahat jauh lebih nyaman.
Nah, masihkah enggan dengan mandi? Sebaiknya kita tetap harus rajin mandi agar terhindar dari berbagai penyakit.

*gambar diambil dari apodahjadi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)