Sabtu, 30 Januari 2016

Mengenal Lalat Buah dan Cara Pencegahannya


Apakah kalian suka bertanam? Buah-buahan atau sayuran di kebun sendiri? Pernahkah mengalami gagal panen atau buah dan sayuran yang ditanam tiba-tiba rusak karena busuk? Bisa jadi disebabkan oleh lalat buah.

Lalat buah merupakan salah satu hama tanaman yang menyerang buah-buahan dan sayuran. Jadi ketika mendengar petani buah atau sayuran mengalami gagal panen bisa jadi disebabkan oleh lalat buah. 

Bagaimana mengenali lalat buah?
Biasanya memiliki warna yang lebih menarik dibandingkan warna lalat yang biasa ditemui pada sampah maupun tempat-tempat lembab dan kotor. Lalat buat memiliki ukuran lebih kecil sekitar satu hingga enam mm. Memiliki kepala sedikit lebih besar dibandingkan dengan lehernya yang relatif kecil. Warna lalat ini menarik karena adanya kombinasi warna kuning cerah, orange hitam maupun coklat.

Bagaimana dengan ciri-ciri buah yang diserang lalat buah? 
Buah maupun sayuran biasanya bisa diliat adanya tanda semacam lubang kecil berwarna kehitaman. Tanda ini semacam bekas tusukan. Biasanya buah akan berubah menjadi sedikit lembek, rusak hingga akhirnya rontok dari pohonnya atau tanaman intinya. 

Apa yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan agar tidak diserang lalat buah?
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan terutama sebelum menanam tanaman buah dan sayuran. 

Cara tersebut diantaranya yaitu :

1. Melakukan sanitasi pada lingkungan.
 
2. Sebelum menanam bibit tanaman buah dan sayuran ada baiknya tanah dicangkul atau dibalik terlebih dahulu. Mengapa hal ini perlu dilakukan? agar pupa dari lalat buah terkena sinar matahari dan mati atau gagal berkembang biak.
 
3. Menanam tanaman perangkap serangga.
 
4. Melakukan pembungkusan pada buah ketika sudah mulai berbuah. Pembungkusan bisa dilakukan dengan menggunakan kantong kresek maupun kantong kertas.
 
5. Menggunakan semacam perangkap untuk lalat.
 
Nah, melalui beberapa informasi tersebut tentu akan lebih tenang bukan ketika akan mencoba untuk bertanam buah dan sayur? Coba saja terlebih dahulu, ketika sudah terbiasa maka lama-kelamaan bisa mengatasi serangan lalat buah ini.


Sumber : 
*brosur Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta
*gambar : hamalalatbuah.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)