Jika Anda tengah mengembangkan sebuah usaha atau produk dan ingin
memasarkan produk dengan lebih baik maka ada baiknya membaca sebuah artikel
yang saya peroleh dari situs Personal Branding Agency, Indscript
Creative berikut ini. Dimana dalam artikel tersebut
disebutkan bahwasanya untuk menarik perhatian konsumen maka kita pun perlu
mengemas cara marketing produk seperti halnya saat mengemas sebuah hadiah atau
sajian. Karena penampilan merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh
terhadap nilai jual.
Sebuah produk yang bagus tetap membutuhkan strategi marketing yang tepat. Tanpa strategi marketing yang
tepat maka produk tersebut tidak akan menghasilkan keuntungan yang maksimal
bagi perusahaan. Namun tidak sedikit pula produk yang sebenarnya biasa saja,
hanya karena dikemas dengan baik justru produk tersebut membuat pelanggan jatuh
cinta, akhirnya perusahaan pun yang memperoleh untungnya.
Permasalahan yang terjadi pada dunia bisnis salah
satunya tidak sedikit para pebisnis pada saat membuka bisnis, ia justru tidak
tahu bisnis yang tengah digeluti. Akibatnya tidak jarang bisnis tersebut gagal
dan tidak mampu eksis atau berkembang dengan baik.
Lalu bagaimana bisnis yang dikatakan berhasil tersebut? Bisnis yang
berhasil ketika produk yang dihasilkan memiliki ‘sesuatu’ dibandingkan produk
lainnya. Selain itu produk tersebut juga mampu memenuhi kebutuhan dari customer.
Itulah sebabnya, dalam dunia bisnis kita sering melihat bahwasanya orang yang
berhasil di dunia bisnis merupakan sosok pebisnis yang dapat mencetuskan ide
dimana produk yang dihasilkan mampu menjadi pioneer dibandingkan
bisnis yang dibuka hanya sekedar ikut-ikutan.
Nah, bagaimana dengan eksisting bisnis
yang dimulai dari keunggulan produk yang dimiliki? Maka di sinilah peran
strategi marketing harus dijalankan. Misalnya saja bagaimana menggarap customer hingga
meyakinkan customer untuk membeli. Di sinilah ide dan
kreativitas sangat diperlukan. Sebagai seorang marketer tentu harus jeli untuk
menemukan ide menarik yang bisa dijadikan landasan dalam memasarkan produk
kliennya. Ide yang ada pun nantinya bisa tampil menarik hanya dengan sedikit
sentuhan kreativitas.
Jika ingin memasarkan produk Anda maupun klien Anda,
tiga panduan sederhana berikut bisa membantu Anda untuk mengemas ide dan kreativitas,
antara lain :
- Ada baiknya untuk mengetahui dengan tepat apa yang dibutuhkan
konsumen. Informasi ini diperlukan untuk menentukan langkah apa yang harus
dilakukan selanjutnya. Bagaimana cara untuk memperoleh informasi ini? bisa
dengan melalui riset pasar sendiri, bisa juga melalui lembaga khusus riset
bisnis. Nantinya ketika informasi tersebut dirasa sudah cukup selanjutnya
hasil riset tersebut dianalisa dan digunakan untuk menentukan strategi marketing yang akan dijalankan.
- Mengemas produk secara spesial. Dimana produk dikemas dengan cara
berbeda dan lebih istimewa dibandingkan dengan produk lainnya. Berdasarkan
observasi produk serupa di pasaran, nantinya akan ditemukan berbagai celah
yang bisa dikembangkan. Sehingga mampu menghasilkan sebuah produk
istimewa, tampil berbeda dari lainnya selain itu kemasan berbeda tersebut
juga akan memberikan nilai tambah bagi produk tersebut.
- Menjaga kualitas produk. Bagian ini harus menjadi perhatian utama dari
sebuah produk. Loyalitas konsumen yang sudah terbangun harus terus dijaga
dan jangan sampai hilang hanya karena disebabkan menurunnya kualitas
produk yang bersangkutan. Itulah sebabnya untuk menjaga kualitas produk
maka perusahaan bisa melakukan berbagai inovasi dan menambah nilai manfaat
dari produk tersebut.
Itulah tiga panduan dalam mengemas ide dan kreativitas untuk marketing.
Anda harus terus mencoba dan bersemangat dalam memasarkan produk-produk Anda.
Anda tidak perlu ragu maupun bingung bagaimana cara mengembangkannya. Mengutip
pesan Veronica Ratna Ningrum yang
mengatakan “Tentukan ide produknya, bersamaan dengan itu akan ada cara untuk
mengemasnya dalam sebuah strategi marketing.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)