Bidang Media Digital memiliki prospek sangat bagus di Indonesia.
Inilah yang kemudian mendorong Razi Thalib,
pemilik sekaligus pendiri sebuah agensi media digital di Jakarta, Bridges and Balloons ingin berbagi
lebih banyak lagi mengenai pentingnya pemahaman media digital. Melalui
pernyataannya di sebuah situs Personal
Branding Agency, Indscript Creative disebutkan
bahwasanya pemahaman media digital tersebut menurutnya diperlukan untuk
membangun sebuah bisnis dalam jangka panjang. Dan untuk mendukung para pebisnis
pemula, agensi miliknya tersebut pun memberikan sarana pendukung. Ditambah
dengan sokongan sumber daya yang handal sehingga Bridges and Balloons bisa membantu para pemilik bisnis untuk bisa
mengembangkan bisnisnya secara positif melalui penggunaan teknologi digital.
Konsultan dan pengusaha muda tersebut sebenarnya baru tiga tahun
tinggal di Indonesia. Sebelumnya Razi justru malang melintang selama tujuh
tahun sukses berkarir di industri media digital di Australia. Bidang media digital
yang ditekuninya khususnya dalam bidang Manajemen Produk, Strategi, dan
Pemasaran. Kecintaanya dalam bidang Digital Engagement tersebut kemudian
mendorongnya membuat sebuah keputusan besar dalam hidupnya yaitu kembali ke
Indonesia. Karena ia merasa bahwa tempat dimana ia dilahirkan tersebut memiliki
peluang besar untuk mengembangkan bidang media digital tersebut.
Dalam penuturannya, pilihannya untuk menjadi entrepreneur
diawali dengan keinginannya untuk intens dan fokus pada dunia digital. Awalnya hanya
dalam waktu setahun ia sukses membangun sistem media digital bagi Zalora
Indonesia dan mampu meningkatkan pertumbuhannya hingga 40 %. Setelah itu Razi
kemudian semakin tertarik untuk mengembangkan peluang-peluang yang menarik
perhatiannya. “Saya ingin mengerjakan proyek-proyek yang saya senangi, dan
mengembangkan sistem digitalnya agar bisa berkembang terus dalam jangka
panjang,”urainya.
Ia tidak main-main dalam menjalaninya. Sejumlah proyek pun
sukses ia tangani. Sebut saja misalnya proyek pembuatan media digital bagi “Gerakan
Indonesia Mengajar”. Sebuah program pendidikan untuk para siswa di daerah terpencil.
Sebuah program yang diadaptasi dari program serupa yaitu Teach for America. Dimana
akhirnya program tersebut pun sukses dalam pengembangan misinya salah satunya
berkat dukungan dari formulasi digital yang diciptakan Razi.
Disinggung mengenai kiat dalam mengembangkan sebuah bisnis
melalui dukungan perangkat sistem digital, dalam penuturannya yaitu dengan
menggunakan konten yang rinci namun sekaligus mudah dicerna dan menyenangkan. Menurut
Razi, konten yang disukai pelanggan adalah konten yang mampu menyajikan hal
serius menjadi hal ringan dan menarik tanpa harus kehilangan esensinya. “Kalau
kontennya fun, para pelanggan dengan
senang hati akan share, twit, klik “Like”, join, komen, dan sebagainya. Termasuk tentu
saja membeli produk dengan wajah penuh senyuman,”tegas Razi Thalib.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terimakasih sudah bersedia berkunjung, silakan tinggalkan alamat blog/wesite anda, nanti akan dikunjungi balik :)